ads

Cara Menulis Artikel Google Friendly 468x60

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pola Makan Buat Penyandang Diabetes
Diabetes membutuhkan pola makan yang baik supaya tidak semakin parah, sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang Mengenal jenis Diabetes dan Cara Mencegahnya, silahkan dibaca terlebih dahulu.
Pola makan penyandang diabetes harus benar-benar diperhatikan, dan Karbohidrat merupakan salah satu kategori makanan utama (makanan utama lain adalah protein dan lemak) yang dibutuhkan penyandang diabetes tipe 2. Karbohidrat menyediakan bahan bakar bagi tubuh dalam bentuk glukosa. Glukosa adalah gula yang merupakan sumber utama energi untuk semua sel-sel tubuh.

Makanan Diabetes

Karbohidrat terdapat 2 Jenis yaitu Sederhana dan Kompleks. karbohidrat Sederhana, adalah Gula seperti Glukosa, Sukrosa dll. sedangkan Karbohidrat kompleks adalah pati (zat tepung), yang merupakan gula sederhana yang terikat satu sama lain secara kimia. karbohidrat ini banyak  ditemukan di kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks dianggap lebih sehat terutama karena mereka dicerna oleh tubuh perlahan-lahan, menyediakan sumber energi yang stabil dan juga mengandung jumlah serat yang bagus.
Karbohidrat biasanya dapat ditemukan dalam kelompok makanan berikut:

  • Buah
  • Susu dan Yogurt
  • Roti, Sereal, Nasi, Pasta
  • Sayuran Bertepung, seperti Kentang, Jagung dan Kacang-Kacangan
Selain konsumsi karbohidrat juga konsumsi Serat. Serat adalah bagian yang tidak bisa dicerna dari makanan nabati. Zat ini memainkan peranan penting dalam proses pencernaan karena membantu makanan terus bergerak di sepanjang saluran pencernaan dan menambahkan berat pada tinja agar dapat dikeluarkan.
Disarankan bagi semua orang untuk mengonsumsi 25-35 gram serat per harinya. Cara terbaik untuk meningkatkan asupan serat bagi para penyandang diabetes tipe 2 adalah dengan makan makanan kaya serat lebih banyak seperti:
  • Beras Merah
  • Kacang Kering yang dimasak dan Kacang polong
  • Buah-buahan segar dan sayuran
  • Roti, Gandum, Sereal dan cracker
Selain itu, pola makan yang kaya serat juga dapat menurunkan risiko Anda mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Serat juga dapat:
  • Menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik.
  • Menunda penyerapan gula dan mengontrol kadar gula darah lebih baik.
  • Membantu mencegah sembelit dan mengurangi risiko gangguan pada usus.
  • Memudahkan penurunan berat badan dengan membantu mengurangi asupan kalori (dengan mengonsumsi serat, berat dari makanan yang kita konsumsi akan bertambah, sehingga membuat kita merasa lebih kenyang).
  • Mengikat kolesterol dan mengurangi kadar kolesterol 'jahat' LDL dalam darah.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat yang menderita penyakit diabetes dan diberikan kesembuhan, terimakasih dan tetap semangat.

;

About abdulloh Azis

Just a Newbie Blogger yang suka berbagi info bermanfaat melalui blog sederhana ini, semoga dapat membantu teman-teman semua. dan saya ucapkan terimakasih sudah berkenan mampir untuk membaca isi Blog ini. Salam Blogger Indonesia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top