ads

Cara Menulis Artikel Google Friendly 468x60

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

KOLESTEROL tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering ditakutkan masyarakat, karena sering kali berhubungan dengan penyakit kardiovaskular, yang menjadi penyebab kematian tertinggi dalam kategori penyakit tidak menular.

Ketahuilah, Penyebab Kolesterol Tinggi

KADAR kolesterol yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh. Ketika tingkat kolesterol meningkat, ini akan menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuluh darah, stoke, dan masalah kardiovaskular lainnya.
Saat ini, semakin banyak orang dewasa dan lansia yang berjuang melawan kolesterol tinggi karena berbagai alasan. Berikut adalah daftar penyebab kolesterol tinggi paling umum, seperti dilansir dari Timesofindia  dan Okezone.com

Diet tidak sehat

Konsumsi lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Lemak jenuh ditemukan dalam makanan yang berkolesterol tinggi dan berlemak. Makanan tersebut seperti daging merah berlemak, mentega, keju, kue, dan lainnya.

Faktor keturunan

Jika keluarga memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka mungkin itu adalah alasan bagi Anda untuk mulai khawatir. Bentuk kolesterol tinggi yang diwariskan dapat menyebabkan penyumbatan atau stroke dini.

Mengalami kenaikan berat badan

Obesitas atau bahkan hanya kelebihan berat badan adalah penyebab lain dari kolesterol tinggi. Kondisi ini bisa meningkatkan trigliserida yang selanjutnya menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda untuk menangkal risiko kolesterol tinggi.

Kemalasan

Orang-orang yang menghabiskan hidup mereka duduk atau berbaring sepanjang hari berada pada risiko besar kolesterol tinggi. Hidup aktif dapat menurunkan trigliserida dan juga membantu Anda menjaga berat badan Anda.

Merokok

Merokok memainkan pengaruh penting dalam tingkat kolesterol Anda. Kebiasaan ini dapat menurunkan jumlah kolesterol baik, bahkan usia hidup Anda. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk menjaga tingkat kolesterol Anda dan tetap hidup sehat.



Usia dan jenis kelamin

Kadar kolesterol secara alami akan mulai meningkat saat Anda mulai masuk usia 20 tahun. Ini biasanya akan terus meningkat sampai usia 60-65 tahun, baik pada wanita maupun pria. Namun, wanita umumnya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah sebelum menopause.

Tapi setelah menopause, kadar kolesterol wanita dapat menjadi lebih tinggi dibandingkan pria. Oleh karena itu, saat usia Anda terus bertambah, mempertahankan terus gaya hidup dan diet sehat.

Obat-obatan

Beberapa obat-obatan dapat meningkatkan tingkat trigliserida. Dengan demikian, bagi Anda yang memiliki risiko kolesterol tinggi, sebelum meminum obat-obatan selalu konsultasikan masalah Anda dengan dokter.

Alkohol

Sering mengonsumsi alkohol dapat merusak hati dan otot-otot jantung, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini juga termasuk sebagai penyebab tingkat kolesterol dalam tubuh meningkat.

Stres

Ketika orang-orang stres, mereka biasanya menghibur diri dengan merokok, minum alkohol, atau makan makanan tidak sehat. Oleh karena itu, stres berkepanjangan dapat menyebabkan kolesterol darah meningkat.

Penyakit

Penyakit tertentu seperti diabetes dan hipotiroid bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk alasan ini, selalu lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, untuk menjaga tingkat kolesterol Anda tetap terkontrol

;

About kangazis

Just a Newbie Blogger yang suka berbagi info bermanfaat melalui blog sederhana ini, semoga dapat membantu teman-teman semua. dan saya ucapkan terimakasih sudah berkenan mampir untuk membaca isi Blog ini. Salam Blogger Indonesia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments:


Top