ads

Cara Menulis Artikel Google Friendly 468x60

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara Memperbaiki Eror P10 Canon


Doctor Printer - Cara Mengatasi Eror P10 atau B200 pada printer Canon MP258,MP237,MP287,IP2770 dan Printer Sejenisnya. Printer Canon Merupakan salah satu printer yang unik, dimana saat terjadi kerusakan atau eror pasti akan menampilkan kode eror di LED display Printer (untuk MP258 dan MP237) ataupun di layar monitor. Beberapa Kode eror Printer Canon bisa anda baca diartikel Kode Eror Printer Canon.

Salah satu yang akan saya bahas lebih detail disini adalah Cara Mengatasi Eror P10 atau B200 Printer Canon Pixma 
Indikatornya adalah saat printer dinyalakan terlihat normal, akan tetapi saat dipakai buat mencetak akan keluar Eror B200 pada layar monitor atau Eror P10 pada LED Display (untuk seri printer yang ada LED Display), dan saat muncul eror ini printer tidak dapat bergerak sama sekali. Eror ini sangat unik karena kerusakan susah dipastikan.

Cara Mengatasi Eror P10 atau B200 pada Printer Canon

  • Kerusakan Yang Paling Sederhana
  1. Cek Kedua Catridge dan pastikan Pin-Pin nya bersih, dan coba pasang kembali
  2. Apabila belum bisa, lepas Adaptor Printer dan diamkan selama Beberapa jam atau seharian dalam keadaan adaptor printer terlepas (Solusi ini pernah saya praktekan pada salah satu printer dan berhasil, tapi pada printer yang lain belum berhasil)
  •  Kerusakan Yang Rumit
  1. Ganti Power Supply Printer dengan power supply yang lain, bisa pinjem pada printer yang normal, untuk memastikan kerusakan. (Solusi ini pernah saya praktekan pada salah satu printer juga dan berhasil, tapi pada printer yang lain ada yang tidak mempan)
  2. Kerusakan Ada pada Motherboard Printernya, ini hampir 80% Eror P10 itu kerusakan pada motherboard Printernya. kalau tidak mau repot memperbaiki Motherboardnya, langsung ganti saja motherboard yang baru. atau bisa dicoba cara memperbaiki motherboard nya. Berikut ini cara memperbaiki motherboardnya:
  • Cara Memperbaiki Motherboard
  1. Buka Cover Printer yang sebelah kanan tempat motherboard nya
  2. Ambil Motherboarnya
  3. Cek semua kondisi fuse (komponen dengan kode F di motherboard) ada F1,F2, dan seterusnya.., pastikan semua OK, apabila ada yang putus maka ganti dengan Fuse lain
  4. Cari Komponen Resistor dengan Kode R301, Pada kasus ini yang paling sering adalah R301 tadi rusak/aus.  
  5. Ganti R301 tadi dengan Resistor yang Normal, Ganti dengan nilai resistansinya yang sama atau kalau beda hanya sedikit saja.
  6. Pasang kembali dan coba, insyaalloh berhasil. kalau tidak mau repot mending bawa aja ke service atau langsung ganti motherboard printernya
NB: Cara Mengatasi Eror P10 atau B200 ini dari pengalaman saya pribadi sebagai teknisi Komputer dan Printer, mungkin dalam suatu kasus kerusakanya akan beda-beda,soalnya saya sudah mengalaminya semua, ada yang dengan cara pertama berhasil dan ada yang tidak, bahkan sampai mengganti motherboard saja ada yang berhasil dan ada yang tidak. Karena kerusakan ini bisa komplikasi. Kalau sudah terkena power supply nya biasnya motherboard juga kena dampaknya bahkan sampai ke head printernya. sekian dan trimakasih, semoga bermanfaat. apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di komentar atau ada yang mau share pengalaman pribadi mengatasi eror P10 pada printer canon ini silahkan tulis di kolom komentar. Indahnya Berbagi sob.

;

About abdulloh Azis

Just a Newbie Blogger yang suka berbagi info bermanfaat melalui blog sederhana ini, semoga dapat membantu teman-teman semua. dan saya ucapkan terimakasih sudah berkenan mampir untuk membaca isi Blog ini. Salam Blogger Indonesia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

4 comments:

  1. Biasanya biaya nya berapa ya kalau ganti resistor atau motherboardnya

    ReplyDelete
  2. kalo ganti resistor sendiri murah gan, tapi kalo motherboard ya mending beli printer baru aja

    ReplyDelete


Top